Pentingnya Kursus Memasak dalam Membuka Usaha Kulineri

15.11.2016

Wirausaha

Kursus memasak termasuk salah satu jenis kursus yang makin populer belakangan ini, karena selain membantu seseorang untuk melatih kekuatan motoriknya, kursus seperti ini erat kaitannya dengan kehidupan orang yang ingin memulai usaha di bidang kuliner. Ketika Anda adalah seorang pebisnis pemula yang bercita-cita ingin memiliki bisnis sendiri di bidang kuliner, pengetahuan dasar akan makanan yang diperoleh melalui kursus memasak sangatlah penting untuk mengembangkan minat dan bakat Anda, selain beberapa alasan seperti berikut.

Mendapat gambaran bisnis kuliner yang ingin ditekuni

Ketika Anda mendaftar dan mulai menjalani kursus yang berhubungan dengan masakan, tentunya Anda akan diajarkan berbagai jenis masakan mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup yang berasal dari Indonesia ataupun luar negeri. Berbagai jenis masakan yang dipelajari, secara tidak langsung pasti akan memberikan gambaran pada Anda, jenis masakan seperti apa yang Anda ingin kembangkan dan sajikan pada konsumen. Dengan demikian, Anda akan mendapat berbagai ide pola kuliner seperti apa yang cocok dengan jiwa Anda. Misalnya Anda cocok dengan usaha bisnis cemilan, maka jenis makanan yang dipilih tentunya berbahan sederhana namun tetap sehat. Berbeda jika Anda kemudian memilih menekuni bisnis makanan yang berasal dari Eropa, tentu agar konsumen semakin tertarik dengan hidangan Anda ada berbagai pola hidangan mulai dari appetizer hingga dessert yang harus disiapkan.

Melatih kemampuan untuk pemilihan bahan

Ketika Anda mengambil pelajaran khusus tentang masakan, Anda juga akan diajari untuk memilih bahan yang berkualitas agar masakan yang dihasilkan sempurna dan bernilai jual. Ketika hal tersebut diterapkan dalam dunia bisnis, Anda akan mendapatkan kemampuan memilih bahan yang bagus dan berkualitas. Namun jika Anda merasa bahan yang dibutuhkan terlalu mahal, secara tidak langsung Anda juga akan mendapat kemampuan inovasi untuk mencari bahan yang sekiranya menghasilkan citarasa yang sama tanpa mengurangi kualitas hidangan. Tentunya hal tersebut nantinya juga akan berdampak pada sistem keuangan yang lebih terstruktur.

Melatih kemampuan manajemen modal

Pernahkah Anda berpikir, keuntungan macam apa yang akan Anda dapatkan secara tidak langsung melalui kursus memasak, terlebih ketika Anda sudah memiliki gambaran untuk jenis hidangan apa yang akan Anda sajikan pada konsumen? Ketika Anda sudah memilih jenis makanan apa yang akan Anda tawarkan secara tidak langsung Anda akan melatih kemampuan pribadi untuk manajemen modal. Manajemen modal tersebut dapat digunakan untuk hal-hal berikut.

  • Ø Menentukan lokasi untuk menjual makanan yang Anda olah

Pemilihan lokasi yang tepat tentunya akan mendukung proses penjualan makanan yang Anda lakukan berakhir lancar atau tidak. Sebagai contoh ketika Anda ingin menjual hanya makanan ringan seperti es krim aneka rasa, tentunya hanya memiliki booth kecil di pinggiran jalan atau didalam pusat perbelanjaan sudah cukup. Namun berbeda ketika Anda ingin menjual makanan dari aneka bahan seafood, tentu lokasi yang Anda sewa atau beli harus mampu menampung perkiraan pelanggan yang akan didapat per harinya.

  • Menentukan jumlah modal untuk pembelian properti masak

Setiap orang yang telah belajar memasak tentunya punya perkiraan alat apa saja yang akan dibutuhkan untuk menghasilkan menu yang dipromosikan beserta jumlahnya. Secara tidak langsung keahlian yang diperoleh dari sebuah kursus, dapat disesuaikan dengan pilihan menu yang ada. Sebagai contoh ketika ada seorang pengusaha yang ingin menjual cemilan jalanan seperti sosis atau ayam goreng, maka alat yang dibutuhkan tentunya tidak jauh dari alat panggang, penggorengan, dan alat untuk menghidangkan makanan baik dengan plastik mika atau kertas.

  • Menentukan jumlah uang yang digunakan untuk pembelian bahan

Ketika Anda secara pribadi sudah belajar memasak, secara tidak langsung Anda akan mampu memberikan kalkulasi modal yang dibutuhkan khusus untuk membeli bahan. Meski demikian, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kalkulasi tersebut nantinya harus disesuaikan dengan jumlah pelanggan Anda yang pastinya akan mengalami fluktuasi setiap harinya.

Diambil dari : http://bursafranchise.com/pentingnya-kursus-memasak-saat-ingin-membuka-usaha-di-bidang-kuliner/